Cara Konfigurasi FTP Server Debian 8 "Jessie"

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, contohnya seperti upload dan download file yang dilakukan pada FTP Server dan Client. FTP bekerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP (Port 21). 





Apa perbedaan antara FTP Server dengan FTP Client? 



FTP Server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/tukar menukar data kepada FTP Client dengan syarat FTP Client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP Server. Sedangkan,



FTP Client merupakan perangkat/komputer yang meminta layanan tukar-menukar data kepada FTP Server.





Ada 2 metode yang dapat diterapkan dalam konfigurasi FTP Server, yaitu User Authentication Login dan Anonymous Login.





  • User Authentication Login: metode yang membuat seorang pengguna yang ingin mengakses sebuah FTP server harus memiliki username dan password. 

  • Anonymous Login: metode yang memungkinkan orang-orang (public) dapat mengakses FTP server secara anonim tanpa harus memiliki username dan password.







Pada FTP Server ini Anda juga dapat merubah hak akses tertentu pada user-user tertentu. Seperti hak akses untuk membuka, mengubah dan menghapus folder/file-file tertentu, dan juga agar pengguna lain hanya bisa melihat folder/file-file tanpa bisa melakukan pengubahan.





Sebelum melakukan konfigurasi FTP Server, pastikan Anda telah melakukan Konfigurasi  interface/IP Address pada Server. Tutorial sebelumnya yaitu Cara Konfigurasi DNS Server dan Cara Konfigurasi Web Server.



Cara Konfigurasi FTP Server Debian 8 "Jessie"



Read More »

Komentar

Popular post