Rafaela: Jadilah Healer yang Mematikan di Mobile Legends

Assalamu'alaikum sobat LenSul..



Siapa yang ga kenal hero support untuk healer pertama di Mobile Legends? Yup, dia adalah wanita cantik yang melakukan heal kepada tim saat kita kehabisan darah, Rafaela. Support ini sebenarnya mulai terlupakan semenjak munculnya Estes, Dewa Healer di Mobile Legends. Tapi sebenarnya Saya lebih senang menggunakan Rafaela dan menurut Saya Rafaela lebih berguna dibandingkan Estes. Mengapa begitu? Simak ulasannya berikut ini,






Rafaela adalah Hero dengan role support di Mobile Legends. Dia bisa dibeli dengan 254 Diamond atau dengan 6500 BP saja. Skill pertama Rafaela memberikan bintang jatuh terhadap hero musuh atau creep dan memberikan damage sekaligus efek slow movement selama 1,5 detik. Skill keduanya memberikan darah (heal) kepada tim yang ada di dekatnya, bisa sampai 5 hero sekaligus, dan menambah movement speed hero terdekat selama 1 detik. Skill ultimatenya memberikan damage sekaligus efek stun terhadap musuh selama 2 detik.






Build Item MVP Rafaela



Mengapa di awal Saya bilang Rafaela lebih berguna dibanding Estes? Yap, meskipun darah yang diberikan Estes jauh lebih besar dibanding Rafaela, namun Rafaela punya daya serang yang lebih tinggi ketimbang Estes yang hanya memiliki satu skill damage yaitu pada skill ke-duanya. Selain itu efek slow dan stun dari skill satu dan ulti Rafaela sangat efektif untuk membantu tim melawan musuh. Waktu cooldown-nya pn terbilang cepat. Sementara Estes hanya mengandalkan skill duanya untuk damage dan slow kecepatan gerak musuh karena skill satu dan ultinya hanya untuk heal tanpa adanya penambahan kecepatan movement.



Gear yang cocok untuk Rafaela









Saya akan memberikan gear yang cocok untuk Rafaela, bahkan Saya sering MVP dengan build ini. Dijamin musuh akan takut berhadapan dengan healer yang satu ini.



1. Magic Shoes

Saya rasa tidak perlu dipertanyakan lagi, kecepatan gerak sekaligus pengurangan cooldown di awal game sangat berguna untuk Rafaela.





2. Clock of Destiny

Dengan item ini kalian tidak perlu takut kehabisan darah, karena item ini memiliki pasif penambah darah sebesar 30 HP setiap 30 detik. Sekaligus menambah serangan magic dan mana.





3. Enchanted Talisman

Selain menambah magic power, item ini juga membuat mana kalian tidak cepat habis sekaligus mengurangi cooldown skill sebesar 20%. Sangat cocok untuk Rafaela yang sering menggunakan skill heal terus menerus.





4. Ice Queen Wand

Item ini menambah magic power, mana, sekaligus kecepatan gerak. Pasif dari item ini akan membuat kecepatan gerakan musuh berkurang sebesar 15% untuk 3 detik jika terkena skill kita. Sangat cocok kan dengan skill satu Rafaela, dijamin musuh akan semakin kesal jika terkena efek ini.





5. Dominance Ice

Di dekat akhir pertandingan sangat penting bagi Rafaela untuk menggunakan armor, hal ini agar badan kita sedikit kebal, karena semakin lama kita bertahan semakin banyak kesempatan kita untuk heal. Armor ini juga memberikan efek slow movement speed terhadap musuh yang menyerang kita dan mengurangi cooldown.





6. Courage Bulwark

Armor untuk menambah HP sekaligus penambah kekuatan serangan dan pertahanan kita dan tim terdekat.







Tips dan Trik Menggunakan Rafaela

Saya sarankan Rafaelle menggunakan emblem set Magical Assassin hal ini penting untuk menambah kecepatan gerak Rafaela, ditambah dengan skill duanya dijamin musuh akan putus asa mengejar kita. Battle Spell-nya gunakan purify agar kita terbebas dari efek skill seperti stun, slow, silence, dsb.



Sedikit tips dan trik saat berhadapan dengan musuh:




  • Di awal pertandingan usahakan untuk spam skill 1 sesering mungkin untuk menjatuhkan mental musuh, karena skill satu Rafaela sangat menyebalkan. Maju sedikit kemudian skill satu lalu mundur, Begitu sesering mungkin.

  • Saat musuh benar-benar menyerang kita, gunakan skill dua untuk kabur sekaligus menambah darah kita dan tim. Jika benar-benar sekarat gunakan purify, karena purify memberikan efek kebal selama beberapa detik dan saat itulah kesempatan kita untuk mundur dan skill dua lagi.

  • Jika tim kalian sedang war gunakan ulti agar tim musuh terkena stun dan kesempatan tim kita untuk menghabisi lawan.

  • Gunakan skill dua jika tim kita sedang mengejar musuh yang sekarat, meskipun darah tim kita dalam keadaan penuh atau lebih banyak dari musuh takada salahnya untuk menggunaknnya karena skill dua akan menmbah kecepatan gerak kita dan tim kita.

  • Jika sudah dekat dengan musuh gunakan skill satu sehingga pergerakan musuh melambat dan saat itulah kesempatan tim kita untuk menghabisinya.



Demikianlah sedikit Tips dan Trik Memainkan Rafaela. Jika kalian benar-benar sudah ahli kalian bahkan bisa tidak mati sekalipun ataupun melakukan recall dan menjadi Dewi Healer di arena pertandingan.


Semoga bermanfaat..





Wassalamu'alaikum..

Komentar

Popular post