Pengertian dan Anatomi CSS

Css atau Cascading Style Sheet, adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk mendefisinikan berbagai macam elemen elemen yang ada dalam document HTML, contohnya seperti mengatur posisi , mengubah ukuran, mengubah warna dan sebagainya. Contoh penulisan css.
contoh code script css

hasil dari script di atas

tampilan saat menggunakan css

Bingung dengan kode diatas? Tenang saya akan menjelaskannya satu persatu, apa itu selector, property dan value.

1. Selector adalah sebuah bagian bagian dari CSS yang digunakan untuk memilih dan memanipulasi elemen spesifik pada HTML.
2. Property adalah jenis style atau element yang akan di ubah dalam sebuah tag HTML.
3. Value adalah nilai dari Property.

Untuk lebih memahaminya sebaiknya baca penjelasan berikut.
Pada gambar di atas, selector yang saya pilih adalah tag “<h1>” dan property nya “color” dengan value “red”. Jadi saya ingin si CSS mengubah tag <h1> yang ada dalam document HTML saya menjadi berwarna merah.
Lihat contoh berikut.


Hasil

Itu adalah hasil dari script di atas barusan, nah sekarang saya ingin mengubah text “Belajar CSS Dasar” itu ketengah dan juga saya akan memberikan warna merah pada text tersebut. Dan Untuk text “Saya sedang mempelajari css dasar di blog ngodingtutorial.blogspot.co.id” saya hanya akan memperbesar tulisannya saja, dan bagaimana cara membuatnya? Itu sangatlah mudah lihat contoh script berikut.


Hasil

Gimana mudah bukan? Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada yang tidak di mengerti tanyakan saja pada kolom komentar. Terimakasih


Komentar

Popular post