Bahaya Permainan Pokemon Go

Siapa sih yang gak tau permainan Pokemon Go? Game yang lagi marak di Indonesia ini memang asyik banget dimainin, apalagi rame-rame bareng temen buat nyari Pokemon. Tapi siapa sangka game populer ini ternyata memilik dampak negatif yang tanpa kita sadari dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar







Pokémon Go (ditulis sebagai Pokémon GO) adalah sebuah permainan realitas tertambah dalam smartphone yang dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan sempalan milik Google, yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman. Permainan ini diluncurkan secara beta pada bulan Juli 2016. Permainan ini memungkinkan pemainnya untuk menangkap, melatih, menukar, dan mempertarungkan setiap karakter Pokémon yang ada di dalam telepon di setiap tempat dalam dunia nyata. (id.wikipedia.org)



Dengan kecanggihan game yang satu ini, ternyata memiliki beberapa dampak negatif, diantaranya :



1. Timbulnya Serangan Malware

Pada dasarnya untuk mendownload game ini membutuhkan pihak ketiga,
dimana pihak ketiga itu tidak akan mau untuk menjami keamanan file yang
anda miliki, bahkan dengan bermain pokemon GO ini pihak ketiga dapat
mengakses apa yang ada disekitar anda sehingga pihak ketiga dapat
mengetahui lokasi-lokasi anda. Apabila pihak ketiga ini adalah orang
yang tidak bertanggung jawab, bukan tidak mungkin keberadaan Indonesia
akan terancam.



2. Penjambretan

Bukan hal yang tidak mungkin di Indoensia. Bisa saja ketika kita sedang asyik bermain Pokemon Go dengan mudahnya Smartphone kita diambil dari genggaman kita karena kita tidak tahu barangkali ada orang yang mengincar Smartphone kita.



3. Kesenjangan Sosial

Berkurangnya hubungan sosial karena adanya smartphone itu sudah biasa terjadi, terlebih dengan adanya game yang satu ini. Semakin dekat kita dengan smartphone semakin berkurang interaksi kita dengan orang sekitar





4. Kecelakaan

Ini yang sering diberitakan, hanya karena game orang bisa lupa segala-galanya bahkan tidak ingin diganggu oleh siapapun, dan karena game juga bisa saja disaat anda sedang berjalan anda tersandung/jatuh atau jika anda sedang berkendara anda menabrak pengendara lainnya, tentu ini bisa sangat berbahaya mengingat game ini membutuhkan lokasi dimana kita harus menatap layar ponsel untuk menemukan Pokemon.



5. Boros Baterai

Tentu saja, karena game ini membutuhkan GPS serta Kamera dalam pengoprasiannya. Game biasa saja sudah cukup boros mengkonsumsi baterai apalagi game yang menggunakan fitur smartphone seperti ini.



6. Merusak mata

Seperti kita tahu menatap layar ponsel, komputer, laptop, dsb. dalam waktu yang lama dapat menimbulkan penyakit pada mata; rabun jauh/mata minus. Apalagi jika kita sudah terlena dengan game Pokemon GO ini tentu saja mata kita akan terus fokus ke layar ponsel dalam waktu yang lama yang dapat menimbukan penyakit mata.



7. Menghancurkan konsertrasi

Entah apa yang ada dalam pokemon Go, tetapi permainan ini dapat
membuat orang untuk selalu ingin memainkannya, untuk itu permainan ini
akan dapat menghancurkan konsentrasi karena yang dipikirkan hanya
permainan saja, terlebih game ini juga dimainkan oleh kalangan pelajar.



8. Menimbulkan Resiko Keamanan di Lokasi

Ini dikutip dari Mabes Polri. Mabes Polri mengimbau masyarakat untuk tidak
memainkan permainan Pokemon Go di kantor dan instalasi strategis dengan
alasan akan menimbulkan risiko keamanan.




Saat ini beredar pesan berantai supaya permainan ini tidak dimainkan di dalam kesatrian militer/mes/kompleks militer. Alasannya secara tidak langsung pemain--yang tidak sadar--bisa
dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi berupa lokasi melalui
gambar/video yang menjadi background di dalam permainan.








Itulah beberapa dampak negatif dari permainan Pokemon GO. Sebenarnya itu semua tergantung dari kita sendiri yang memainkannya. Jika kita terlalu senang bermain game sampai lupa waktu dan tempat dimana kita bermain tentu resiko berbahaya seperti diatas bisa terjadi. Bermainlah pada waktu dan tempat yang tepat.

Komentar

Popular post