Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop

Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop – Sebelumnya ada yang tau gak bedanya netbook, notebook, dengan laptop? Sebenarnya ketiga komputer portable ini memiliki perbedaan yang mencolok, hanya saja di Indonesia penyebutannya tidak terlalu diperhatikan dan dianggap sama, seperti netbook yang banyak orang bilang laptop.

Trus apa perbedaannya??? Nah, untuk meluruskan kekeliruan tersebut LenSul akan membahas mengenai Perbedaan Netbook, Notebook, dan juga Laptop. Berikut penjelasannya




NETBOOK




Nama dari Netbook sebenarnya gabungan antara dua kata dasar yaitu net (internet) dan book (buku). Karena fungsi dari netbook ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam mengakes internet, browsing dan menulis e-mail (keperluan office)

Netbook ini merupakan perangkat yang paling kecil, ringan dan juga murah. Netbook biasanya menggunakan OS Windows XP, 7 ataupun Linux karena spesifikasinya yang tidak terlalu tinggi, dimana hanya dibekali processor kelas menengah ke bawah, dengan RAM tidak lebih dari 2 GB dan grafis yang ala kadarnya.

Layar pada Netbook berukuran 7 – 13 inchi dan memiliki berat antara 2 – 3 pon (~1 kg), perangkat yang dimiliki Netbook antara lain: Bluetooth, WiFi, LAN, USB dan Card Reader. Netbook tidak memiliki DVD-ROM, sehingga harus menggunakan DVD External.




NOTEBOOK




Notebook merupakan perkembangan dari Laptop dan memiliki keunggulan di atas Netbook, dari segi spesifikasi Notebook sudah lebih baik dari pada Netbook. Notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki Hardisk yang besar, Processor yang kuat dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.

Ukuran layar Notebook 13.1 – 18 inchi. Notebook memiliki berat sekitar 1 – 4 kg, biasanya Notebook lebih ringan dari Laptop karena desainnya lebih tipis atau biasa disebut ultrabook

Spesifikasi Notebook ada yang medium hingga high tergantung merk dari pembuat Notebook itu sendiri. Processor yang digunakan antara lain Dual Core hingga Core i7 untuk Processor berbasis Intel, dan AMD Dual Core hingga AMD A10 untuk Processor berbasis AMD. Pada Notebook biasanya memiliki kartu grafis yang biasa saja seperti Intel HD, Nvidia GT 830 dan AMD Radeon versi mainstream.




LAPTOP




Ukuran layar Laptop adalah 18 inchi ke atas. Laptop biasanya memiliki berat sekitar 2 – 8 kg tergantung pada ukuran, bahan, desain, dan spesifikasi yang dimiliki.

Spesifikasi pada laptop adalah high, biasanya laptop digunakan untuk keperluan office, internet, gaming high, multimedia, dsb. Laptop gaming biasanya memiliki kartu grafis seperti Nvidia seri GTX atau Radeon HD 8970/8790.



Ringkasnya:


  • Netbook memiliki layar 6 – 13 inchi, spesifikasinya rendah dan tidak memiliki DVD-ROM, biasanya hanya digunakan untuk keperluan office, internet, dll

  • Notebook memiliki layar 13.1 – 18 inchi, spesifikasi medium dan ada / tidak memiliki DVD-ROM (tergantung ketipisan notebook), biasa digunakan untuk office, internet, gaming normal, multimedia, dll

  • Laptop memiliki layar 18+ inchi, spesifikasi tinggi, memiliki DVD-ROM, digunakan untuk office, internet, gaming high, multimedia, dll


Komentar

Popular post