Cara Root Samsung Galaxy Chat GT-B5330



Cara Root Samsung Galaxy Chat GT-B5330 – Setelah sebelumnya saya membahas tentang Cara Menginstal Ulang Galaxy Chat, kali ini saya akan memberikan trik bagaimana cara root Gal Chat. Cara ini sudah terbukti berhasil di HH saya. Jadi, silahkan sobat coba sendiri :D



Pertama-tama, kita harus mengetahui dulu apa itu Root? Root adalah suatu system account "home/inti" yang memiliki full akses kekuasaan absolut agar bisa mengakses dan mengeksesuki semua aplikasi dan file, root berhak untuk menghapus atau mengupdate data yang ada di android kita, karena pada dasarnya android itu berbasis sistem operasi Linux maka disana diterapkan system root android.



Kelebihan dari Root Android kelebihan yang didapat dari kita mengeroot android kita, maka sobat akan mendapatkan akses tidak terbatas ke semua system android kita, dapat menghapus aplikasi bawaan android dari pabrik tanpa merusak memory kita, dan juga sobat dapat memindahkan instalasi aplikasi sobat dari memory internal ke memory eksternal, sehingga memory internal sobat bisa lebih leluasa untuk meng-install banyak aplikasi dan mempercepat kinerja prosessor kita, sobat mendapatkan akses backup aplikasi jadi kalau mau install ulang system android sobat bisa backup dulu sebelum di-install, sobat juga bisa mengubah tampilan melalui install costum room , bisa menambah memory ram atau bisa disebut swap android jadi sobat bisa lebih leluasa memainkan android.



Kekurangan dari Root Android kekurangan mengeroot android maka kita akan mendapatkan beberapa dampak yang cukup ekstrim bagi android kita, yang pertama bila sobat root garansi HH android hilang, bila sobat mau root android, maka sobat harus berani merelakan garansi hp android sobat hilang karena semua vendor posnel mengatakan bahwa hp android yang telah di buka systemnya atau rooting maka akan hilang masa garansinya, jadi kalau kita utak atik file android kita dan bila ada kerusakan maka android kita tidak akan diberikan garansi karena vendor tidak mau bertanggung jawab bila hp android kita sudah di-root atau dibuka systemnya. Untuk yang kedua sangat mudah sekali terserang virus dan malware: kalau sobat membuka system android yang sudah di-protect maka ada kemungkinana sobat bisa kemasukan virus, tapi tenang saja karena Android itu open source jadi semua file yang kedetek virus akan bisa kita hapus langsung tanpa menggunakan anti virus.



Oke, kalo sobat sudah baca dengan cermat dan yakin ingin root HH sobat, ikuti langkah-langkanya :

Pertama, siapkan dulu bahan-bahannya :


Langkah-langkahnya :


  1. Copy file Galaxy Chat Root ke SD card, jangan masuk folder dan biarkan dalam format zip (tanpa diekstrak)

  2. Ekstrak Odinnya, kemudian juga file Recovey di komputer sobat maka akan ada file recovery.tar.md5

  3. Buka HH sobat, masuk ke download mode (volume down + power)

  4. Buka Odin, pada kolom PDA, pilih recovery.tar.md5 yang sudah diekstrak tadi



  5. Tekan Start,

  6. Setelah itu HH sobat akan reboot sendiri, langsung masuk ke recovery mode (volume up + power)

  7. Pilih apply update from sdcard dengan menekan tombol home

  8. Pilih file galaxy chat root.zip

  9. Setelah terinstal pilih reboot

  10. Selesai, Galaxy Ch@t sobat sudah ter-root






Untuk memastikan silahkan lihat pada menu, jika ada app SuperSU berarti root telah berhasil, tetapi jika belum silahkan coba lagi langkahnya dari awal dan lakukan dengan teliti.

Terimakasih, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat yang membacanya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Komentar

Popular post