Dasar-dasar JAVA GUI - SWING - Event handling- Netbeans




Selamat siang sahabat pencari ilmu semua, lumayan lama juga tidak ngeposting mengingat kesibukan juga..(sok sibuk)...sekarang kita bahas JAVA GUI, mulai dari komponen yang digunakan, Event Handling dan sebagainya..hehehehe





Konsep
Graphical User Interface (GUI) dijava


1.      Komponen
dasar Swing


2.      Penanganan
kejadian


3.      Membangun
aplikasi GUI





    

API (Application Programming
Interface)  untuk Aplikasi GUI dijava


 



1.      AWT
(abstrack Window Toolkit)


Library
dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh java, pihak sun
tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT.


2.      Swing
or JFC (Java Foundation Class)


Library
dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari java dan yang direkomendasikan SUN
untuk pemrograman GUI. Komponen swing sebagian adalah turunan AWT dan juga
lebih lengkap daripada AWT




 






Fitur
Swing


1.      Komponen
GUI lengkap :


Button,
listbox, combobox, textarea, dan sebagainya


2.      Pluggable
Look and Feel


Tampilan
GUI dapat diubah sesuai dengan kehendak (tidak perlu mengikuti native sistem
operasi)


3.      Data
Transfer Antar Komponen


Drag
and drop, copy and paste


4.      Internationalization


Proses
desain aplikasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan sesuai dengan preferensi
tanpa rekompilasi


5.      Localization


Proses
translasi teks ke bahasa dan menambahkan komponen lokal








Komponen
Dasar Swing
 


1.      Top
Level Container
 


      Kontainer
dasar dimana komponen lainnya diletakan (Jframe, Jdialog dan Applet)
 













2.      Intermediate
Container






Kontainer
perantara dimana komponen lainnya diletakan (Jpanel, JscrollPane, JtabbedPane,
Jtoolbar, JsplitPane)





3.      Atomic
Component


Komponen
yang memiliki fungsi spesifik dan menerima interaksi langsung dari user (Jbutton,
Jlabel, Jtextarea, dsb) 


























4. Layout
Manager


Mengatur
tata letak dan posisi komponen dalam kontainer (BorderLaout, BoxLayout, FlowLayout,
GridBagLayout, GridLayout)





-  free layout



-  border layout



- box layout



- card layout



- flow layout



- grid bag layout



- grid layout





Ctt : untuk memudahkan dalam design gunakan absolut layout atau null layout







5.      Event
Handling


Menangani
event yang dilakukan user (klik mouse, ketik keyboard, perbesar frame, dsb)





Event


-         
Event adalah kejadian atau peristiwa
yang dilakukan oleh user terhadap user interface menggunakan peralatan mouse
dan keyboard


-         
Setiap object dapat dinotifikasi jika
suatu event terjadi sehingga objek tersebut dapat memutuskan apa yang harus
dilakukan untuk menanggapi (menangani) event tersebut (event handling)
 


-    Agar objek harus
mendaftarkan diri sebagai event listener kesumber yang menghasilkan event dan
mengimplementasikan interface listener yang sesuai
 











Proses penanganan Event


1.      Komponen
harus didaftarkan sebagai pendengar (listener) dengan menggunakan method
addXXXListener()









Jbutton tombolProses = new Jbutton (“PROSES”);






tombolProses.addActionListener
(this);





2.      Mengimplementasikan
inetrface listener atau meng-extend class adapter (bisa juga dengan membuat
inner class)





-         
Class HelloGUI implements
MouseListener{}






-         
Class HelloGUI extends MouseAdapter{}
atau class HelloGUI extend Jframe{class handler extends MouseAdapter{}}





3.      Menuliskan
ode penangan kejadian pada method class handler extends





Mouse Adapter{






     Public
void mouseClicked(MouseEvent e){






               //code
penanganan kejadian}}















 




















Komentar

Popular post